Senin, 03 Agustus 2015

Arsene Lupin; Pencuri Terhebat Dalam Sejarah

Cover Aresene Lupin
Arsene Lupin/ Edgar Jepson & Maurice LeBlanc: penyunting, Dewi Fita-cet.1-Jakarta: Bukuné, 2011 --- vi + 306 hlm: 14 x 20 cm

Sebelum membahas soal Novel, kenalan dulu yuk sama penulisnya.

Maurie LeBlanc/wikipedia
Sebelum memperkenalkan tokoh Arsene Lupin sebenarnya LeBlanc juga telah menulis Novel dengan tema lain, namun sejak kemunculan tokoh karangannya  tersebut pada tahun 1905, namanya mulai dikenal di negaranya bahkan mendunia. Banyak juga yang berpendapat bahwa karakter Arsene Lupin dapat disandingkan dengan karakter Sherlock Holmes dalam Novel dengan judul yang sama, atau karakter Kaito Kid dalam Detective Conan. Novelis asal Prancis ini memulai karirnya sejak Drop Out dari sekolah hukum di negara kelahirannya dan kemudian hijrah ke Paris. 


Edgar Jepson/wikipedia

Edgar Jepson, penulis asal Inggris ini banyak menulis cerita tentang petualangan, fiksi detective, supernatural maupun cerita fantasi. Selain penulis Jepson juga merupakan seorang penerjemah termasuk menerjemahkan kisah-kisah Arsene Lupin. Sepanjang karir menulisnya, Jepson banyak berkolaborasi dengan penulis-penulis lain seperti John Gawsworth, Arthur Machen.  

Arsene Lupin: Pencuri Terhebat Sepanjang Sejarah

Cerita berawal dengan kesibukan persiapan pernikahan Duke Jacques Charmerace dengan tunangannya Germaine Gournay-Martin, putri seorang bangsawan terpandang sekaligus jutawan Monsieur Gourney-Martin. Kesibukan yang berlatar di Chateau milik Duke of Chamerace tersebut juga memunculkan tokoh lain seperti Sonia, pembantu Germaine yang berparas ayu dan lembut. Kecantikan yang tidak dapat ditolak bahkan untuk pria yang telah bertunangan sekalipun. Kecantikan yang membawa mereka pada hubungan khusus, lebih dari sekedar pelayan dan majikannya. Sampai pada akhirnya pemilik rumah sekaligus tunangan Germaine datang dan perbincangan di antara mereka samapai  pada kisah Arsene Lupin. Pencuri yang tiga tahun lalu telah mengambil lukisan-lukisan berharga milik ayahnya di Chateau tersebut yang memang dahulunya dimiliki oleh sang jutawan. Mereka juga membicarakan mengenai si pencuri yang selalu memberikan peringatan berupa sebuah surat sebelum pencurian dilakukan. Walaupun beberapa pencegahan telah dilakukan kan tetapi pencurian terjadi diluar  dugaan bahkan setelah adanya penjagaan. Dalam perbincangan itu juga Germaine mengungkapkan asumsunya bahwa Arsene Lupin datang kembali ke rumah itu dan kini ada disekitar mereka. Hal itu ia yakini dari beberapa kejadian aneh yang Ia dan Sonia alami seperti benda-benda yang berpindah dari tempat sehrusnya serta kaca yang telah terpotong.

Dalam setting selanjutnya muncul Keluarga Charolais yang beberapa kali datang ke Chateau dengan alasan ingin membeli mobil milik Monsier Gourney-Martin. Ketika kunjungan itu juga salah satu putra dari keluarga Charolais tertangkap tangan tengah mencuri kalung dengan liontin mutira milik Germaine yang merupakan hadiah dari tuangannya. Karena kebaikan hati Jacques akhirnya putra keluarga Charolais itupun dilepaskan.

Konflik bermula saat sang Jutawan menerima kembali surat peringatan dari Lupin. Ini kutipan suratnya

DEAR SIR, 
Koleksi lukisanku, yang mulai kukumpulkan tiga tahun lalu dengan sukacita dengan beberapa milikmu, hanya terdiri dari, sejauh pengetahuanku Old Masters, sebuah Velaques, Rembrandt, dan tiga Rubens tak berharga. Anda memiliki lebih banyak lagi. Sangat disayangkan karya-karya besar ini harus berada di tanganmu, karena itu saya bermaksud membetulkan hal ini. Aku akan mengambil alih benda-benda ini dari rumah Anda di Paris esok pagi. 
Hormat saya,  
Arsene Lupin

Segera setelah diterimanya surat tersebut sang jutawan panik dan  berencana akan kembali ke Paris secepatnya. Namun, rencananya tidak berjalan dengan mudah karena ternyata mobil yang akan digunakan juga telah dicuri menyisakan mobil terakhir yang dengan kesepakatan bersama ahirnya digunakan oleh Jacques agar secepatnya  sampai ke Paris dan menggagalkan pencurian tersebut. Sedangkan Monsieur Gourney, putrinya serta kedua pelayannya akan menaiki kereta dengan jadwal terdekat.

Betapa geramnya Monsieur Gourney ketika mendapati bahwa Jacques tidak sempat menggagalkan pencurian tersebut. Beberapa lukisan telah dicuri meninggalkan tulisan Arsene Lupin di dinding bekas lukisan dipajang  yang ditulisi dengan kapur berwana biru. Khas yang selalu ditinggalkan Lupin setiap kali menyelesaikan pencuriannya. Banyak penyidik telah datang ke rumahnya tersebut termasuk detective yang telah terobsesi dengan Arsene Lupin. Detective yang telah sekian lama mengamati cara Lupin melakukan aksinya. Detective Guerchard.

Guechard sendiri selama penyelidikannya berhasil menemukan fakta-fakta yang tidak ditemukan oleh detective lain. Keahlian yang Ia dapatkan selama mengikuti kasus-kasus Arsene Lupin. Karena keahliannya itulah, metode Arsene Lupin dalam mengambil lukisan-lukisan itu dapat terdeteksi.

Kemudian konflik memuncak ketika datang telegram dari Lupin yang menyatakan akan mengambil alih mahkota  Princesse de Lamballe yang sangat berharga tepat malam itu antara pukul dua belas kurang seperempat sampai pukul dua belas. 

Detik-detik menjelang jam yang dijanjikan akan segera tiba dan berbagai persiapan telah dilakukan, akankah Arsene Lupin tertangkap? Siapakah dia sebenarnya? Baca bukunya dong. :)


Bagi pembaca serial Detective mungkin akan senang membaca Novel ini. Terlebih Novel ini ditulis dengan cermat dan detail terutama soal tempat, waktu, dan penggambaran tokoh membuat konstruksi imajinasi yang dibangun pembaca dapat dibentuk dengan jelas. Runtutnya cerita juga membuat novel ini sangat menyenangkan dengan bonus sedikit kejutan di beberapa bagian. Namun, muncul juga perasaan kecewa karena ditengah perjalanan, karakter Arsene Lupin mudah tertebak.

Well, tidak seperti serial detective lain dengan akhir yang menggantung (dan itu menariknya-menurut saya) kisah ini berakhir dengan jelas. Bagian yang menurut saya sangat menarik adalah dalam 306 lembar Novel ini hanya menceritkan petualangan selama kurang lebih tiga hari tanpa membuat saya merasa bosan dengan pengulangan yang dilakukan (kebanyakan Novel dengan setting waktu pendek melakukan hal itu).

Terakhir, ini back covel Novelnya ya.
Back Cover

0 komentar:

Posting Komentar